Sabtu, 17 Desember 2011

Mata  Kuliah                         :    Statistik  Pendidikan
Dosen  Pembimbing           :   Alviana  Lisa., S.T., M.Eg
Semester/kelas                   :   5/E
Nama  Kelompok                :

1.     Hajjah  Yetti
2.    Rahman  is
3.    Sri  novita
4.    Tuti  herlina
5.    Yaniati
6.    Trisno

              Judul  Penelitian:
Peningkatan  Kualitas  dan  Kuantitas   Tenaga  Pengajar dinilai   dari  Pandangan  Mahasiswa  Fakultas  Keguruan  Ilmu  Pendidikan  UIR


 
           Berkaitan  dengan  itu,  Finch  Cructiton  (1979:222)  sebagaimana  dikutip  dalam  Mulyasa  (2003:38)  mengartikan kompetensi  sebagai  penguasaan  terhadap  suatu  tugas,  ketrampilan,  dikap  dan  apresiasi  yang  diperlukan  untuk   menunjang  suatu  keberhasilan.

Jenis  kompetensi

1.    Kompetensi  personal
2.    Kompetensi  profesional
Kompetensi  meliputi :

1.    Terampil  berkomunikasi  dengan  orang  lain
2.    Bersikap  simpati  kepada  siswa  dan masyarakat
3.    Dapat  bekerja  sama  dengan  orang  lain
4.    Pandai  bergaul






Aspek  kompetensi  menurut  Gordon  dalam  Mulyasa  (2003:39):

1.    Pengetahuan
2.    Pemahaman
3.    Nilai
4.    Sikap
5.    Minat



Variable    indikator    No. item    Jumlah  item
Tenaga  pengajar/tenaga  pendidik= x    •    Penguasaan  terhadap suatu  tugas
•    Penguasaan ketrampilan
•    Penguasaan   sikap
•    Apresiasi   yang  diperlukan  untuk menunjang  keberhasilan    1,2,3,4,5,6,7


8,8,10

11,12,13

14,14    7


3

3


2
jumlah            15
Kualitas  dan kuantitas  pendidikan=y
    Kompetensi  adalah  penguasaan terhadap suatu  tugas,  ketrampilan,  sikap  dan  apresiasi  yang  dibutuhkan  untuk  menunjang  keberhasilan


   





   
                                 


Sumber : Finch  dan  Mulyasa  (2004:38)   







Dari  pernyataan  dan  makna  setiap  angka  tersebut  yaitu  1=sangat  tidak baik,  2=tidak  baik, 3=ragu-ragu  ,  4=baik,  5=sangat  baik,  tabel  dibawah  ini  menunjukan  hasil  yang  diperoleh   penelitian      dalam  bentuk  kuesioner   di  Universitas  Islam  Riau  menurut  mahasiswa kelas  5G  Fakultas  Keguruan  Ilmu  Pendidikan   UIR

No    Pertanyaan/Pernyataan    5    4    3    2    1
1     Dosen  menjelaskan tujuan/sasaran  dalam  setiap perkuliahan                   
2    Dosen  memberikan  ringkasan  materi  pembelajaran  dalam setiap  pembahasan  materi  perkuliahan                   
3    Dosen  memberi  copyan  materi  pembahasan                   
4    Dosen  dapat  memberikan  materi  perkuliahan  dengan  baik,  mudah  dimengerti                   
5    Dosen memberikan  jawaban  yang  tepat                   
6    Dosen  memiliki  antusiasi  dan  menarik  saat  memberi                   
7    Dosen  memberikan  jawaban alternative                   
8    Materi  dengan  mudah  dipahami                   
9    Bahasa  penjelasan  mudah  dimengerti                   
10    Dosen  memberikan  feedback  pada  perkuliahan                   
11    Dosen mampu  menarik  daya  imajinasi mahasiswa                   
12    Dosen  memberikan  contoh  aplikasi                   
13    Dosen  memberikan  masukan  dan  pujian                   
14    Dosen  menegur  mahasiswa  saat  mengganggu  perkuliahan                   
15    Dosen  mengakhiri  perkuliahan  tepat  waktu                   
                                                                           
Peningkatan  Kualitas  dan  Kuantitas  Tenaga  Pengajar  dinilai  dari  Pandangan  Mahasiswa   Kelas  5G Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia Fakultas  Keguruan  Ilmu  Pendidikan  UIR
1.    Tulislah  identitas  diri  pada  tempat  yang  disediakan
Nama   :
Kelas    :
NPM     :

2.    Buatlah  tanda  silang    ( x ),  pada  kotak  jawaban  yang  sudah  disediakan
3.    Keterangan
5    : Sangat Baik
4    : Baik
3    : Ragu-ragu
2    : Tidak  baik
1    : Sangat  tidak  baik

No    Pertanyaan/pernyataan    5    4    3    2    1
1    Dosen menjelaskan tujuan dalam setiap perkuliahan    5    4    3    2    1
2    Dosen  memberikan  ringkasan  materi  pembelajaran       5    4    3    2    1
3    Dosen memberi  copyan  materi  pembahasan    5    4    3    2    1
4    Dosen  dengan memberikan  materi  perkuliahan  dengan  baik  dan mudah  dimengerti    5    4    3    2    1
5    Dosen  memberikan  jawaban yang  tepat    5    4    3    2    1
6    Dosen  memiliki  antusiasi  dan menarik  saat  memberikan  penjelasan    5    4    3    2    1
7    Dosen memberikan jawaban alternative    5    4    3    2    1
8    Materi  dengan mudah  dipahami    5    4    3    2    1
9    Bahasa  penjelasan  mudah dimengerti    5    4    3    2    1
10    Dosen  memberikan feedback pada perkuliahan    5    4    3    2    1
11    Dosen mampu menarik daya imajinasi mahasiswa    5    4    3    2    1
12    Dosen memberikan contoh aplikasi    5    4    3    2    1
13    Dosen memberikan masukan atau pujian    5    4    3    2    1
14    Dosen menegur  mahasiswa saat mengganggu  perkuliahan    5    4    3    2    1
15    Dosen mengakhiri  perkuliahan tepat waktu    5    4    3    2    1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar