Mata Kuliah : Statistik Pendidikan
Dosen Pembimbing : Alviana Lisa., S.T., M.Eg
Semester/kelas : 5/E
Nama Kelompok :
1. Hajjah Yetti
2. Rahman is
3. Sri novita
4. Tuti herlina
5. Yaniati
6. Trisno
Judul Penelitian:
Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Tenaga Pengajar dinilai dari Pandangan Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan UIR
Berkaitan dengan itu, Finch Cructiton (1979:222) sebagaimana dikutip dalam Mulyasa (2003:38) mengartikan kompetensi sebagai penguasaan terhadap suatu tugas, ketrampilan, dikap dan apresiasi yang diperlukan untuk menunjang suatu keberhasilan.
Jenis kompetensi
1. Kompetensi personal
2. Kompetensi profesional
Kompetensi meliputi :
1. Terampil berkomunikasi dengan orang lain
2. Bersikap simpati kepada siswa dan masyarakat
3. Dapat bekerja sama dengan orang lain
4. Pandai bergaul
Aspek kompetensi menurut Gordon dalam Mulyasa (2003:39):
1. Pengetahuan
2. Pemahaman
3. Nilai
4. Sikap
5. Minat
Variable indikator No. item Jumlah item
Tenaga pengajar/tenaga pendidik= x • Penguasaan terhadap suatu tugas
• Penguasaan ketrampilan
• Penguasaan sikap
• Apresiasi yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan 1,2,3,4,5,6,7
8,8,10
11,12,13
14,14 7
3
3
2
jumlah 15
Kualitas dan kuantitas pendidikan=y
Kompetensi adalah penguasaan terhadap suatu tugas, ketrampilan, sikap dan apresiasi yang dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan
Sumber : Finch dan Mulyasa (2004:38)
Dari pernyataan dan makna setiap angka tersebut yaitu 1=sangat tidak baik, 2=tidak baik, 3=ragu-ragu , 4=baik, 5=sangat baik, tabel dibawah ini menunjukan hasil yang diperoleh penelitian dalam bentuk kuesioner di Universitas Islam Riau menurut mahasiswa kelas 5G Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan UIR
No Pertanyaan/Pernyataan 5 4 3 2 1
1 Dosen menjelaskan tujuan/sasaran dalam setiap perkuliahan
2 Dosen memberikan ringkasan materi pembelajaran dalam setiap pembahasan materi perkuliahan
3 Dosen memberi copyan materi pembahasan
4 Dosen dapat memberikan materi perkuliahan dengan baik, mudah dimengerti
5 Dosen memberikan jawaban yang tepat
6 Dosen memiliki antusiasi dan menarik saat memberi
7 Dosen memberikan jawaban alternative
8 Materi dengan mudah dipahami
9 Bahasa penjelasan mudah dimengerti
10 Dosen memberikan feedback pada perkuliahan
11 Dosen mampu menarik daya imajinasi mahasiswa
12 Dosen memberikan contoh aplikasi
13 Dosen memberikan masukan dan pujian
14 Dosen menegur mahasiswa saat mengganggu perkuliahan
15 Dosen mengakhiri perkuliahan tepat waktu
Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Tenaga Pengajar dinilai dari Pandangan Mahasiswa Kelas 5G Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan UIR
1. Tulislah identitas diri pada tempat yang disediakan
Nama :
Kelas :
NPM :
2. Buatlah tanda silang ( x ), pada kotak jawaban yang sudah disediakan
3. Keterangan
5 : Sangat Baik
4 : Baik
3 : Ragu-ragu
2 : Tidak baik
1 : Sangat tidak baik
No Pertanyaan/pernyataan 5 4 3 2 1
1 Dosen menjelaskan tujuan dalam setiap perkuliahan 5 4 3 2 1
2 Dosen memberikan ringkasan materi pembelajaran 5 4 3 2 1
3 Dosen memberi copyan materi pembahasan 5 4 3 2 1
4 Dosen dengan memberikan materi perkuliahan dengan baik dan mudah dimengerti 5 4 3 2 1
5 Dosen memberikan jawaban yang tepat 5 4 3 2 1
6 Dosen memiliki antusiasi dan menarik saat memberikan penjelasan 5 4 3 2 1
7 Dosen memberikan jawaban alternative 5 4 3 2 1
8 Materi dengan mudah dipahami 5 4 3 2 1
9 Bahasa penjelasan mudah dimengerti 5 4 3 2 1
10 Dosen memberikan feedback pada perkuliahan 5 4 3 2 1
11 Dosen mampu menarik daya imajinasi mahasiswa 5 4 3 2 1
12 Dosen memberikan contoh aplikasi 5 4 3 2 1
13 Dosen memberikan masukan atau pujian 5 4 3 2 1
14 Dosen menegur mahasiswa saat mengganggu perkuliahan 5 4 3 2 1
15 Dosen mengakhiri perkuliahan tepat waktu 5 4 3 2 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar